Pertanyaan Umum Interview kerja Beserta Jawabannya

Pertanyaan Umum Saat Interview kerja Beserta Jawabannya

Rezapedia.com - Ketika baru pertama kali melamar kerja di suatu perusahaan tentu merupakan saat-saat yang sangat mendebarkan. Apalagi ketika kita sudah memasuki tahap wawancara, pasti kita akan sangat panik dengan pertanyaan apa yang akan ditanyakan pada saat interview. Nah supaya interview dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya kalian persiapan dulu. Salah satunya dengan mengetahui pertanyaan umum interview kerja beserta jawabannya.

Pada artikel ini, mimin akan memberikan sedikit informasi mengenai pertanyaan interview kerja yang sering kali muncul serta cara menjawabnya. Berikut ini beberapa pertanyaan umum saat interview kerja.

Pertanyaan Umum Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Pertanyaan Umum Saat Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

1. Bisa Ceritakan Tentang diri Anda?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum calon karyawan dan mengukur sejauh mana calon karyawan mengenali dan memahami dirinya sendiri, sekaligus mengetahui keterampilan, pengalaman kerja, dan kepribadiannya. Pertanyaan ini merupakan starting poin. Karenanya, usahakan menjawab dengan cara mempromosikan diri seperti menjelaskan keterampilan, pengalaman kerja, kepribadian, dan pencapaian diri. 

Contoh Jawaban:

Terima kasih atas waktu dan kesempatannya pak/bu. Perkenalkan, Nama saya Morty Smith. Usia saya 23 tahun. Saya lulusan Universitas Indonesia, Jurusan pendidikan bahasa prancis. Hobi saya traveling, membaca buku, dan berenang. Saya memiliki keterampilan di antaranya, yaitu mampu berbahasa prancis dengan baik dan lancar, kemampuan komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua siswa, kemampuan mengajar, serta kemampuan mengorganisir kelas dan siswa. Saya berpengalaman selama 3 tahun sebagai tutor/guru bahasa prancis full time dan part time (sebutkan tempat dan tahun bekerja). Terima kasih.

2. Apa Kelebihan Anda?

Ini merupakan pertanyaan lanjutan dari pertanyaan pertama yand dimana hrd ingin mengetahui kelebihan kalian di antara pelamar yang lain. Pastikan kalian meyakinkan hrd melalui kelebihan dan skill yang tentunya sesuai kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban:

Saya pribadi adalah seorang yang kreatif, optimis dan terstruktur. Kreatifitas mendorong saya untuk selalu mempelajari hal baru, mengupgrade kapasitas diri, dan dapat menciptakan suasana dan bahan ajar yang menyenangkan untuk siswa. Di samping itu, sifat optimis menjadikan saya pribadi yang senantiasa berpikir dan bertindak positif serta selalu termotivasi dalam bekerja. Dan yang terakhir, terstruktur menjadikan saya bekerja sesuai target dan waktu yang ditetapkan sehingga efektifitas dan produktifitas kerja dapat tercapai.

3. Apa Kekurangan Anda?

Jika ditanya soal kelebihan, pasti juga kalian akan ditanya tentang kekurangan apa yang kalian miliki. Untuk menjawab kekurangan tersebut, pastikan dibarengi dengan cara kalian mengatasi kekurangan tersebut.

Contoh Jawaban:

Kekurangan yang saya miliki adalah Saya tidak terlalu bagus dalam hal multitasking. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk fokus menyelesaikan tugas dengan tepat dan membuat to-do-list sehingga tidak membebankan saya dan pekerjaan dapat selesai sesuai target.

4. Kenapa Anda Ingin Melamar di Lembaga/Perusahaan Ini?

Buat jawaban yang masuk akal dan tepat. Jelaskan kenapa kalian ingin sekali bekerja di perusahaan tersebut. Jawaban bisa dihubungkan ke profil perusahaan atau ke pengalaman, skill, dan background kalian. 

Contoh Jawaban:

Saya melihat peluang bahwa lembaga/perusahaan ini sedang mencari posisi (isi sendiri). Saya melihat bahwa posisi ini sangat cocok dengan pengalaman, skill, dan latar belakang pendidikan yang saya miliki. Saya yakin dengan pengalaman dan skill saya, saya memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh lembaga/perusahaan ini. Selain itu, saya juga ingin bergabung bersama team hebat di lembaga ini, sekaligus ingin berkontribusi terhadap kemajuan lembaga/perusahaan ini di masa depan.

5. Kenapa Kami Harus Menerima Anda?

Berikan jawaban yang menunjukkan skill dan pengalaman kalian terhadap posisi yang dilamar. Pastikan bahwa jawaban yang kalian sampaikan berbeda dengan pelamar kerja yang lain. 

Contoh Jawaban:

Pengalaman saya selama tiga tahun sebagai guru bahasa prancis di berbagai sekolah dan kursusan membantu saya mengenali bagaimana cara mengajar bahasa prancis di kelompok usia berbeda. Saya dapat mengorganisir kelas dan siswa dengan baik. Selain itu, saya pribadi cukup kreatif ketika mengajar, saya biasa membuat materi yang dikemas kedalam permainan sehingga dapat memudahkan siswa menerima materi dengan lebih aktif dan bersemangat. Saya pribadi cukup ramah dan totalitas dalam mengajar. Saya sangat menyukai passion saya sebagai pengajar. Saya yakin dengan skill dan pengalaman tersebut, saya memenuhi kualifikasi yang bapak/ibu butuhkan.

Dengan mengetahui pertanyaan umum saat wawancara kerja serta cara menjawabnya, tentunya hal ini akan membantu kalian untuk melalui sesi interview dengan maksimal. Cobalah pelajari, maknai dan terapkan di sesi interview berikutnya. Dengan memahami jawaban dari pertanyaan tim HRD, maka pastinya kalian akan dapat melalui semua pertanyaan itu dengan sukses. Semoga berhasil, ya!

Terima kasih telah membaca artikel Pertanyaan Umum Interview kerja Beserta Jawabannya, Semoga informasi yang mimin bagikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan komen dibawah ya :).

Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di rezapedia.com!

Referensi:
cermati.com

Isam Blogger, History Major, Cool Guy

Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan Umum Interview kerja Beserta Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel