5 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik Untuk Kalian Baca

5 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik Untuk Kalian Baca
Buku Filsafat Terbaik

Rezapedia.com - Pada artikel sebelumnya mimin sudah membuat artikel mengenai rekomendasi buku sejarah terbaik, untuk kali ini mimin akan memberikan rekomendasi buku lagi, tetapi yang akan mimin rekomendasikan adalah buku filsafat.

Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia, terdiri dari kata "philos" yang berarti cinta atau sahabat dan kata "sophia" yang berarti kebijaksanaan, kearifan atau pengetahuan. Jadi, philosophia berarti cinta pada kebijaksanaan atau cinta pada kebenaran, dalam hal ini kebenaran ilmu pengetahuan.

Dalam KBBI sendiri, filsafat memiliki 4 makna, yaitu:
  1. Pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya;
  2. Teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan;
  3. Ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi;
  4. Falsafah.


Nah dalam artikel ini mimin ingin memberikan beberapa rekomendasi buku filsafat yang patut kalian baca minimal sekali dalam hidup kalian, dan pastinya rekomendasi buku filsafat yang mimin bagikan ini sangat recommended untuk dibaca.

Rekomendasi Buku Filsafat yang Patut Kalian Baca

Untuk kalian yang sedang ingin mempelajari filsafat, baik karena ketertarikan pribadi atau tuntutan mata kuliah, mimin rezapedia.com akan membantu kalian untuk menemukan beberapa buku filsafat yang menurut mimin pribadi ini adalah buku filsafat terbaik yang patut kalian baca. Berikut Ini adalah 5 rekomendasi buku filsafat, baca artikel ini sampai sampai selesai ya.

1. Filosofi Teras

Filosofi Teras - Buku Filsafat Terbaik
Sumber: janereggievia.com

Mungkin beberapa dari kalian sudah mengenal buku filsafat yang satu ini, karena buku ini adalah buku bestsellers dan cukup terkenal dikalangan komunitas literasi. Buku filsafat yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang suka khawatir akan banyak hal, karena buku ini mengajarkan kita untuk hidup lebih bahagia, damai, dan santai.

Salah satu bab yang mimin suka dari buku filosofi teras ini adalah bagian Dikotomi Kendali, dalam bab ini kita dijelaskan bahwa dalam hidup ini ada yang namanya dibawah kendali kita dan ada yang tidak dibawah kendali kita.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp75.000 - 90.000.

2. Man's Search for Meaning

Man's Search for Meaning - Buku Filsafat Terbaik
Sumber: fimela.com

Buku ini menceritakan kisah si penulis yang pernah berada di empat kamp kematian Nazi yang berbeda, termasuk Auschwitz, antara tahun 1942 sampai 1945. Dia bertahan hidup selama perang dunia kedua berlangsung, sementara orang yang dia kenal seperti orang tuanya, kerabatnya, dan istrinya yang sedang hamil tewas dalam kamp kematian ini.

Di dalam keganasan dan kekejian kamp konsentrasi, Frankl yang juga seorang psikiater belajar menemukan makna dalam hidupnya. Menurutnya, kita tidak dapat menghindari penderitaan, tetapi kita dapat memilih cara untuk mengatasi penderitaan tersebut, menemukan makna di dalamnya, dan melangkah maju dengan tujuan baru.

Banyak orang terinspirasi dari kisahnya dan menjadikan buku frankl yang satu ini sebagai salah satu dari sepuluh buku paling berpengaruh di Amerika dan telah diterbitkan dalam 49 bahasa dan 190 edisi.

Sedikit info trivia, buku yang satu ini pernah disebut oleh henry manampiring dalam bukunya yang berjudul filosi teras.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp48.000 - 60.000.

3. Filokomik

Filokomik - Buku Filsafat Terbaik
Sumber: siapabilang.com

Jika kalian menyukai buku komik, maka kalian juga akan menyukai buku filsafat karya Jean-Philippe Thivet yang satu ini. Dalam buku filokomik ini kalian akan diajak berkeliling untuk mengenal para Filsuf yang menawarkan cara menuju kebahagiaan. Dari Platon, Seneca, Descartes, hingga Nietzsche, masing-masing punya pengalaman yang mengagumkan.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp115.000 - 135.000.

4. Dunia Sophie

Dunia Sophie - Buku Filsafat Terbaik
Sumber: ilmaam.blogspot.com

Buku novel filsafat terbaik yang pernah mimin baca adalah novel Dunia Sophie karya Jostein Gaarder. Buku filsafat yang satu ini merangkum berbagai pemikiran filsuf besar seperti Socrates, Aristoteles, Plato, dan beberapa filsuf lainnya dengan rangkuman yang berbalut fiksi. Tokoh utama dalam buku ini adalah Sophie, gadis berusia 14 tahun yang memiliki banyak pertanyaan tentang kehidupan. 

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp110.000 - 130.000.

5. The Prince

The Prince - Buku Filsafat Terbaik
Sang Penguasa

Niccolo Machiavelli, bapak filsafat politik modern dengan karyanya yang berjudul The Prince, tetap berpengaruh dalam praktik politik hingga saat ini. Buku yang diterbitkan pada tahun 1532 ini memberikan pemahaman tentang perlunya kekejaman, dan sifat licik oleh penguasa. Orang yang mempraktikan isi buku ini dikenal sebagai "Machiavellian".

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp40.000 - 50.000.

Bonus Rekomendasi Buku Filsafat

Mimin rasa 5 saja kurang cukup, oleh karena itu mimin berikan bonus beberapa rekomendasi buku filsafat yang mungkin belum pernah kalian baca. Berikut ini adalah rekomendasi bukunya.
  1. Filsafat Ilmu Klasik hingga Kontemporer oleh Dr. Akhyar Yusuf Lubis
  2. Filsafat Bagi Siapa Pun oleh LSF Discourse
  3. Madilog oleh Tan Malaka

Terima kasih telah membaca artikel 5 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik Untuk Kalian Baca, semoga informasi mengenai rekomendasi buku filsafat ini dapat membantu untuk menambah wawasan kalian. Jika ada rekomendasi buku filsafat yang menurutmu menarik, silahkan komen di bawah ya.

Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di rezapedia.com!
Isam Blogger, History Major, Cool Guy

Belum ada Komentar untuk "5 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik Untuk Kalian Baca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel