10 Rekomendasi Buku Sejarah Terbaik Untuk Kalian Baca

10 Rekomendasi Buku Sejarah Terbaik Untuk Kalian Baca
Buku Sejarah Terbaik

Rezapedia.com - Belajar sejarah adalah hal yang sangat penting, karena dengan belajar sejarah kita dapat mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi di masa lampau. Dengan mempelajari peristiwa di masa lampau, kita bisa mempersiapkan kehidupan yang lebih baik untuk di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Sejarah sendiri berasal dari bahasa Arab “syajara”, yang artinya terjadi, “syajaratun” (baca: syajarah) artinya pohon kayu. Di sini, pohon diartikan sebagai pohon keluarga yang bermakna asal-usul atau silsilah, adanya suatu kejadian, dan perkembangan tentang sebuah peristiwa secara berkesinambungan.

Untuk kalian yang ingin mempelajari sejarah bisa dengan cara membaca buku sejarah, menonton film sejarah, atau melalui meme sejarah di internet.


Nah dalam artikel ini mimin ingin memberikan beberapa rekomendasi buku sejarah yang patut kalian baca minimal sekali dalam hidup kalian, rekomendasi buku sejarah yang mimin bagikan ini sangat bagus dan yang pasti nya bikin kalian ingin terus membacanya hingga bab terakhir.

10 Rekomendasi Buku Sejarah yang Patut Kalian Baca

Perlu diperhatikan bahwa buku-buku sejarah yang mimin bagikan ini semuanya sudah diterjemahan ke dalam bahasa indonesia, jadi kalian tidak perlu khawatir apabila tidak bisa bahasa inggris. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku sejarah mulai dari ancient history, medieval history, world war, dan lainnya.

1. Bloody History

Bloody History  - Buku Sejarah Terbaik
Bloody History: Paris

Mungkin kalian sudah mengenal penerbit Elex Media karena telah menerbitkan berbagai macam komik, tapi kalian tahu tidak kalau elex media juga menerbitkan buku bertema kan sejarah? salah satunya adalah Bloody History ini.

Elex Media telah menerjemahkan 2 buku seri bloody history ini yang berjudul bloody history: paris dan bloody history: london, kalau tidak salah masih ada satu seri lagi yaitu bloody history: amerika tapi belum ada versi terjemahannya.

Buku ini menceritakan sejarah dari masa leluhur hingga sampai masa modern saat ini, dengan berbagai peristiwa seperti wabah, konflik, kejahatan, korupsi, dan lainnya. Bagi kalian penikmat buku with pictures, ini merupakan buku yang sangat mimin rekomendasikan karena terdapat gambar-gambar mengenai suatu peristiwa sejarah tersebut.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp80.000 - 100.000.

2. Sejarah Gelap

Dark History - Buku Sejarah Terbaik
Sejarah Gelap: Raja dan Ratu Inggris

Buku Sejarah Gelap atau Dark History juga diterbitkan dan diterjemahkan oleh Elex Media, tetapi sangat berbeda dengan buku seri bloody history, kalau buku sejarah gelap ini lebih menceritakan bagian kelam nya saja, sama seperti judul nya Sejarah Gelap yang berarti sejarah kelam.

Untuk seri buku ini sudah banyak diterbitkan oleh elex media, beberapa diantaranya adalah:
  • Sejarah Gelap Para Presiden Amerika Serikat
  • Sejarah Gelap Para Raja dan Ratu Inggris
  • Sejarah Gelap Para Kaisar Romawi
  • Sejarah Gelap Raja dan Ratu Eropa
  • Sejarah Gelap Dinasti Tudor
  • Sejarah Gelap Hollywood

Dan masih ada lagi buku sejarah gelap yang belum mimin sebut.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp30.000 - 50.000.

3. Sejarah Sains

Sejarah Sains - Buku Sejarah Terbaik
Sejarah Sains

Jika kalian menyukai buku komik, maka kalian juga akan menyukai buku sejarah yang satu ini, karena buku sejarah sains ini menceritakan perjalanan sains dari zaman batu (seri kesatu) hingga ke masa renaisans (seri ketiga) dan disajikan dalam bentuk komik yang menarik.

Buku ini memiliki 5 seri, diantaranya yaitu: 
  • Sejarah Sains 1 (Zaman Batu - Yunani Kuno)
  • Sejarah Sains 2 (Peradaban Yunani - Peradaban Islam)
  • Sejarah Sains 3 (Abad pertengahan - Renaisans)
  • Sejarah Sains 4 (Rasionalisme - Empirisme)
  • Sejarah Sains 5 (Revolusi Sains)

Tetapi yang mimin punya hanya 3 seri saja karena sulit sekali untuk mencari seller yang menjual seri ke 4 dan 5 ini (mungkin kalian punya seri ke 4 dan 5 yang mau di jual ke mimin? komen di bawah ya).

Komik sejarah sains ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mengenal sejarah sains lebih jauh dengan pembahasan yang mudah dimengerti.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp20.000 - 50.000.

4. Sirah Nabawiyah

Sirah Nabawiyah - Buku Sejarah Terbaik
Sirah Nabawiyah

Buku ini sangat cocok bila kalian seorang muslim, karena buku ini mengisahkan tentang keadaan bangsa arab yang masih jahiliyah kemudian disanalah lahir seorang Rasul yang sangat kita cintai yaitu Nabi Muhammad SAW, hingga beliau wafat pada usia 63 tahun. Betapa hebatnya pada masa-masa Rasulullah ketika berada di Mekkah hingga Hijrah ke Madinah berjuang untuk menegakkan agama Islam di muka bumi ini.

Dengan membaca buku ini akan membuat kita lebih mengetahui apa saja peristiwa yang terjadi semasa Rasulullah SAW hidup dan sahabat-sahabat nya yang sangat mencintai Rasulullah SAW. Dan yang paling penting kita dapat lebih mengenal Nabi Muhammad Saw.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp80.000 - 100.000.

5. Sejarah Lengkap Perang Dunia 1: 1914-1918

Sejarah Lengkap Perang Dunia 1: 1914-1918 - Buku Sejarah Terbaik
Sejarah Lengkap Perang Dunia 1: 1914-1918

Bagi kalian yang suka dengan cerita sejarah perang dunia ke 1, mungkin buku ini sangat cocok untuk kalian miliki. Karena dalam buku ini menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi saat perang dunia 1, seperti kekalahan german pada perang dunia pertama dan mengalami kebangkrutan karena harus menanggung semua dampak kerugian perang bagi negara-negara blok sekutu yang pada akhirnya memicu dendam rakyat Jerman sehingga terjadi Perang Dunia ke 2.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp40.000 - 55.000.

6. Sejarah Teh

Sejarah Teh - Buku Sejarah Terbaik
Sejarah Teh

Banyak sekali orang yang suka mengonsumsi teh, tetapi hanya sebagian orang saja yang mengetahui sejarah teh. Kalian selalu mengonsumsi teh tanpa mengetahui asal usul, tradisi, sampai penyebaran teh itu sendiri. Jika kondisi ini terus berlanjut, bukankah sama saja seperti kalian menikahi seseorang tanpa mengetahui bibit, bebet, dan bobotnya? 

Nah oleh karena itu, kalian sebagai pencinta teh harus mempertimbangkan untuk membaca buku sejarah yang satu ini. Nantinya kalian akan mengetahui tradisi minum teh di kedai Tiongkok sampai ke kuil di Jepang. Kalian pun dapat menguak informasi bahwa tiap bangsa memiliki tradisi minum teh dan cara pengolahan yang berbeda.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp60.000 - 75.000.

7. Raffles dan Invasi Inggris ke Jawa

Raffles dan Invasi Inggris ke Jawa - Buku Sejarah Terbaik
Raffles dan Invasi Inggris ke Jawa

Thomas Stamford Raffles, merupakan seorang mantan gubernur hindia belanda yang menjabat pada tahun 1811 hingga 1816. Dalam buku ini dijelaskan tentang kehidupan raffles sebelum dia datang ke indonesia (lebih tepatnya ke jawa) hingga dia meninggal dunia. Selain itu, buku ini juga menceritakan dengan jelas bagaimana invasi inggris bisa sampai ke tanah jawa pada saat itu.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp60.000 - 85.000.

8. Seri Buku Tempo

Seri Buku Tempo - Buku Sejarah Terbaik
Sumber: twitter @penerbitkpg

Rekomendasi buku sejarah selanjutnya adalah seri buku tempo, dalam buku ini kalian akan diajak untuk berkenalan lebih dekat sama tokoh-tokoh sejarah dari sisi kehidupan pribadinya. Beberapa seri tokoh nya ada Bung Karno, Bung Hatta, Soe Hok Gie, Sutan Sjahrir, dan masih banyak lagi.

Buat kalian yang ingin kenalan lebih dekat dengan para bapak bangsa, kalian bisa mulai membaca seri buku tempo ini untuk lebih mengenal mereka karena buku ini bahasanya cukup ringan dan ringkas. Oiya, buku ini juga mengeluarkan versi buku saku yang dapat kalian bawa kemana-mana, keren sekali bukan?

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp30.000 - 60.000.

9. Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Sejarah Dunia yang Disembunyikan - Buku Sejarah Terbaik
Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Banyak sekali orang yang mencari "Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan.PDF" di mesin pencari google. Memang, segala sesuatu yang kontroversial pasti lebih diminati oleh kebanyakan orang dari pada yang biasa-biasa saja. Namun, buku sejarah dunia yang satu ini menarik perhatian dunia karena satu alasan. Alasannya tentu karena buku ini secara terang-terangan mengungkapkan misteri dunia yang tidak pernah diungkap sebelumnya. 

Maka dari itu, wajar saja jika buku sejarah dunia yang disembunyikan ini memiliki banyak penggemar. Namun, jika kita mengesampingkan sisi misterinya, buku ini bisa kita jadikan sebagai opsi untuk memahami dan mengkritisi sejarah dunia. Apabila kalian menyukai misteri-misteri tentang sejarah dunia, mungkin buku ini adalah pilihan tepat.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp100.000 - 145.000.

10. Sapiens: A Brief History of Humankind

Sapiens: A Brief History of Humankind - Buku Sejarah Terbaik
Sapiens: A Brief History of Humankind

Untuk Buku yang terakhir ini pasti sudah ada yang tahu, dan mungkin ada yang belum tahu, oleh karena itu mimin memasukkan buku sapiens ini ke dalam rekomendasi buku sejarah. Selain mimin, ternyata beberapa orang ternama juga merekomendasikan buku sapiens ini loh! salah satunya adalah Bill Gates.

Lewat buku ini kalian akan dijelaskan mengenai kisah awal mula manusia, mulai dari manusia purba hingga ke manusia modern sekarang ini. Buku ini pun sangat menarik karena dijelaskan berdasarkan fakta dan sejarah yang benar. Oiya, buku ini juga terdapat versi grafis nya yang penuh dengan ilustrasi menarik!.

Untuk harga buku ini di online shop mimin cek kisaran Rp85.000 - 110.000.

Bonus Rekomendasi Buku Sejarah

Mimin rasa 10 rekomendasi buku tentang sejarah saja kurang cukup, oleh karena itu mimin ingin berikan bonus beberapa rekomendasi buku sejarah yang mungkin belum pernah kalian baca sebelumnya. Berikut ini adalah bonus rekomendasi buku sejarahnya.
  1. Sejarah Dunia untuk Pembaca Muda oleh Ernst H. Gombrich
  2. The History of the Ancient World oleh Susan Wise Bauer
  3. Mukaddimah oleh Ibnu Khaldun


Terima kasih telah membaca artikel 10 Rekomendasi Buku Sejarah Terbaik Untuk Kalian Baca, semoga informasi mengenai rekomendasi buku sejarah ini dapat membantu untuk menambah wawasan kalian. Jika ada rekomendasi buku sejarah yang menurutmu menarik, silahkan komen dibawah ya :).

Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di rezapedia.com!
Isam Blogger, History Major, Cool Guy

4 Komentar untuk "10 Rekomendasi Buku Sejarah Terbaik Untuk Kalian Baca"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel