Tips dan Trik Cara Lulus SBMPTN Saintek Maupun Soshum

Tips dan Trik Cara Lulus SBMPTN Saintek Maupun Soshum

Rezapedia.com - Setiap tahunnya pasti selalu ada siswa yang lulus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikannya ke salah satu perguruan tinggi negeri seperti universitas indonesia, universitas negeri jakarta, dan universitas negeri terkenal lainnya.

Agar bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disebut PTN memang tidak mudah. Hampir seluruh pelajar di indonesia ingin bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri favorit yang mereka impikan sejak duduk di bangku sekolah. Jadi, apabila kalian berniat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri, kalian juga harus siap untuk bersaing ketat dengan seluruh pelajar yang ada di indonesia ini.

Ada 3 cara untuk bisa masuk ke dalam perguruan tinggi negeri, yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan yang terakhir yaitu Ujian Mandiri.

Dalam artikel ini mimin rezapedia akan memberikan tips dan trik supaya kalian bisa lulus sbmptn soshum maupun saintek. Bagi kalian siswa kelas 12 yang beberapa bulan lagi bakal sbmptn, wajib banget untuk baca artikel tips lulus sbmptn ini sampai habis untuk persiapan utbk nanti.

10 Tips dan Trik Cara Lulus SBMPTN Saintek Ataupun Soshum

10 Tips dan Trik Cara Lulus SBMPTN Saintek Ataupun Soshum

1. Melalukan Pendaftaran di Situs Resmi SBMPTN

Karena kalian ingin mengikuti sbmptn, sudah pasti kalian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar bisa mengikuti sbmptn ini. jika kalian tidak paham cara daftar nya, sini mimin kasih tau caranya.
  1. Melakukan Pendaftaran SBMPTN melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Mengisi Biodata (kecuali bagi kalian yang sudah terdaftar di SNMPTN).
  3. Memilih PTN dan prodi (program studi) dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih maksimal dua prodi dalam satu PTN atau dua PTN.
  4. Mengunggah portofolio apabila kalian memilih prodi di bidang seni dan olahraga.
  5. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN.

2. Pilih Jurusan yang Sesuai Minat

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat kalian, jangan memilih jurusan karena ikut-ikutan teman atau memilih suatu jurusan karena banyak peminatnya. Misalnya kalian suka sejarah, nah kalian bisa mencari perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan sejarah dan jangan lupa untuk mengupgrade wawasan kalian di bidang sejarah tersebut dengan cara banyak baca buku sejarah. Kenapa mimin rezapedia menyarankan kalian untuk memilih jurusan yang sesuai minat? karena dengan memilih jurusan yang sesuai minat akan menambah kemungkinan kalian akan lulus sbmptn.

3. Bikin Jadwal Kapan Harus Belajar

Atur waktu kapan kalian harus belajar dan kapan waktunya kalian harus bermain. Buatlah Time Management agar waktu yang kalian miliki tidak berantakan karena harus membagi waktu untuk bermain, tidur, dan belajar. Perlu diingat biasanya setiap orang memiliki mood belajar yang berbeda-beda. Ada yang moodnya bagus di pagi hari, ada yang di siang hari, ada yang di sore hari dan ada juga yang di malam hari seperti mimin, kalian tinggal menyesuaikan saja kapan mood kalian untuk belajar agar kegiatan belajar kalian bisa lebih maksimal.

4. Belajar Materi Soshum atau Saintek

Setelah membagi waktu kapan harus belajar dan bermain, sekarang kalian tinggal memulai untuk belajar materi apa saja yang sekiranya bakal keluar nanti di soal sbmptn. Nah, mimin sendiri belajar untuk sbmptn menggunakan media belajar seperti Zenius, menurut mimin ini sangat worth it karena harganya yang terjangkau dan tutor nya yang jago dalam mengajar dan pasti nya bikin kalian mudah untuk memahami materi apa saja yang disampaikan.

5. Ikuti Try Out SBMPTN

Jangan hanya belajar, cobalah untuk mengikuti try out sbmptn untuk menguji kalian sudah sampai mana memahami materi yang dipelajari. Apabila kalian masih banyak yang salah atau kebingungan dalam mengisi soal try out sbmptn, kalian bisa lebih banyak belajar agar persiapan kalian lebih matang untuk menghadapi soal sbmptn nanti.

6. Perbanyak Tontonan yang Edukatif

Ini opsional saja ya, tapi karena kalian akan menghadapi sbmptn dan menjadi calon mahasiswa oleh karena itu mimin sarankan kalian untuk menambah wawasan, salah satunya dengan cara menonton video-video yang edukatif agar dapat menambah pengetahuan kalian.

Oh iya, siapa tau dengan kalian suka menonton video edukatif ini berguna ketika kalian menghadapi soal sbmptn nanti karena soal tersebut pernah dibahas dalam video yang kalian tonton. Who knows?


7. Tidur yang Cukup

Istirahatlah yang cukup, jangan paksakan diri untuk terus belajar. Seperti yang mimin sebut pada poin nomor 3, kalian harus memiliki yang namanya Time Management agar kalian tau kapan waktunya belajar dan kapan waktunya untuk istirahat. Karena apabila kalian kurang tidur akan menyebabkan kalian kurang fokus yang pada akhirnya kegiatan belajar kalian kurang maksimal dikarenakan otak kalian sudah lelah dan butuh istirahat.

8. Jaga Kesehatan dan Fisik

Jangan lupa untuk memikirkan kesehatan fisik kalian dan jangan sampai kegiatan belajar kalian ini menyebabkan badan kalian kurang sehat yang pada akhirnya kalian tidak bisa ikut hadir di hari ujian sbmptn. Kan gak lucu kalau kalian sudah cape-cape belajar tiap hari tapi malah jatuh sakit ketika mau menghadapi sbmptn. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan jangan keluar rumah apabila tidak perlu karena saat ini diluar masih pandemi.

9. Mengerjakan Soal Dengan Teliti

Meski dalam soal utbk sbmptn ada batas waktu pengerjaannya, jangan kerjakan soal dengan terburu-buru. Bacalah soal dengan teliti dan pastikan setiap jawaban kalian memang sudah tepat dan sudah dipikirkan baik-baik. Dan jangan lupa untuk mengisi soal-soal yang mudah terlebih dahulu untuk mempersingkat waktu karena kalau kalian mengisi dari soal yang sulit akan membuang waktu, yang pada akhirnya waktu kalian habis dan soal tidak terisi sama sekali.

10. Berdoa kepada Tuhan

Setelah kalian berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai cara, mulai dari mengikuti kelas online di zenius, mengikuti try out soal sbmptn, dan sebagainya, nah sekarang waktunya kita untuk berdoa dan berserah diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Dibalik usaha yang kalian lakukan secara maksimal, ada kemurahan hati Tuhan yang akan mengabulkan permintaan kita. Jika pun sampai gagal, bukan berarti kita harus pesimis, tetapi ini adalah pengingat bahwa mungkin Tuhan tau kalau pilihan tersebut bukanlah pilihan yang terbaik untuk kita jalani.

Apabila kalian sudah mengikuti semua tips dan trik cara lulus sbmptn di atas tetapi kalian tidak lulus sbmptn, perlu kalian ingat bahwa mimin pernah membahas dikotomi kendali dalam sebuah artikel rekomendasi buku filsafat yang bertuliskan bahwa dalam hidup ini ada yang namanya di bawah kendali kita dan ada yang tidak di bawah kendali kita, lulus atau tidak nya kita di sbmptn bukanlah di bawah kendali kita, tetapi berdoa dan terus belajar semaksimal mungkin agar lulus sbmptn ada di bawah kendali kita.

Terima kasih telah membaca artikel Tips dan Trik Cara Lulus SBMPTN Saintek Maupun Soshum, semoga artikel yang mimin bagikan ini dapat membantu kalian supaya lulus sbmptn dan diterima di universitas yang kalian impikan. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan komen di bawah ya.

Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di rezapedia.com!
Isam Blogger, History Major, Cool Guy

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Cara Lulus SBMPTN Saintek Maupun Soshum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel