Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers
Optimasi Loading Blog dengan Expires Headers

Rezapedia.com - Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mempercepat loading blog, diantaranya dengan cara mengurangi jumlah widget, memasang lazyload, mengurangi jumlah postingan di homepage, seperti pada artikel yang sudah mimin buat dalam artikel yang berjudul 6 Cara Mempercepat Loading Blog.

Optimasi kecepatan loading blog sangat berguna untuk performa loading blog menjadi lebih cepat, karena apabila kecepatan loading blog tidak lambat atau sangat  cepat, maka akan dipandang baik oleh Google sehingga menjadikan blog kita lebih SEO.

Dalam artikel ini mimin akan memberikan cara untuk mempercepat loading blog dengan Add Expires Headers. Sebelum masuk ke pembahasan, akan mimin jelaskan terlebih dahulu apa itu Expires Header.

Apa itu Expires Headers?

Expires Header merupakan suatu baris kode yang tugasnya memberitahu browser berapa lama seharusnya file cache sebuah situs disimpan. 

Kurang lebih contohnya seperti ini: ketika pengunjung pertama kali mengunjungi sebuah halaman blog atau website, browser biasanya akan otomatis memuat file dari server. Nah, file tersebut bisa berupa HTML, Images, Video, PDF, CSS, Javascripts, dan lain sebagainya. File yang diterima kemudian disimpan di cache.

Jadi, apabila pengunjung ingin membuka halaman yang sama, cukup mengambil dari cache yang sudah tersimpan tadi, tanpa meminta ke server lagi.

Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers

Sebelum kalian menerapkan cara ini, alangkah baiknya kalian cek terlebih dahulu apakah kode expires headers ini sudah terpasang pada template blog yang kalian gunakan. Jika sudah terpasang, kalian bisa langsung skip saja.

Berikut cara memasang expires headers pada blog:

Buka Blogger -> Tema -> Edit HTML, lalu copy kode di bawah ini dan pastekan di bawah kode <head>.

<include expiration='7d' path='*.css'/>
<include expiration='7d' path='*.js'/>
<include expiration='3d' path='*.gif'/>
<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>
<include expiration='3d' path='*.jpg'/>
<include expiration='3d' path='*.png'/>
<meta http-equiv="expires" content="fri, 02 jun 2023 00:00:00 GMT"/>

Kemudian Simpan.

Sekarang kalian bisa test kembali blog atau website kalian di GTmetrix, dan lihat hasilnya.


Terima kasih telah membaca artikel Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers, semoga artikel yang mimin bagikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan komen di bawah ya.

Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di rezapedia.com!
Isam Blogger, History Major, Cool Guy

Belum ada Komentar untuk "Cara Mempercepat Loading Blog dengan Add Expires Headers"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel