Cara Menggunakan Mendeley di Word Untuk Pemula

Cara Menggunakan Mendeley di Word Untuk Pemula
Cara Menggunakan Mendeley

Rezapedia.com - Siapa sih yang gak tau software yang bernama mendeley ini? jika kalian seorang Mahasiswa, seharusnya kalian sudah tidak asing lagi dengan mendeley ini. Mendeley dapat berguna untuk menyusun skripsi, jurnal, dan makalah. Mendeley menyediakan plugin yang secara otomatis bisa digunakan di microsoft word untuk windows dan juga mac.

Saat menggunakan mendeley di Microsoft Word, maka hal itu akan memudahkan kalian untuk memasukkan referensi, seperti kutipan atau bibliografi tanpa harus mengetiknya satu per satu.


Sebagai seorang Mahasiswa, dapat menggunakan mendeley adalah hal yang harus dipahami untuk membuat daftar pusaka. Jika kalian tidak mengerti cara menggunakannya, ikutilah beberapa langkah di bawah ini dengan seksama.

Cara Menggunakan Mendeley di Word

1. Pertama-tama kalian unduh terlebih dahulu software mendeley desktop di laman resminya dan setelah terunduh kalian dapat meng-installnya.

2. Setelah software mendeley sudah ter-install, klik "Tools" yang berada dipojok kiri atas dan pilih "Install MS Word Plugin". Mendeley dapat mendeteksi aplikasi apa yang kalian gunakan (Microsoft Word atau LibreOffice), sehingga opsi yang tersedia akan berbeda-beda.

3. Jika plugin sudah ter-install, silahkan buka microsoft word kalian dan klik tab "References" untuk melihat apakah sudah ter-install atau belum (lihat gambar di bawah ini).

Cara Menggunakan Mendeley di Word Untuk Pemula
Mendeley

4. Sekarang kalian tinggal masukkan file referensinya ke dalam mendeley dengan cara klik tombol "Add" yang ada dipojok kiri lalu klik "Add Files".

Cara Menggunakan Mendeley di Word Untuk Pemula
Add Files

5. Untuk memasukkannya ke dalam word yaitu dengan cara klik "Insert Citation" seperti di gambar nomor 3 dan akan muncul pop up mendeley, lalu klik tombol "Go To Mendeley", selanjutnya kalian tinggal klik file yang telah kalian masukkan ke dalam mendeley dan klik tombol "Cite" lalu klik "Insert Bibliography" seperti gambar di nomor 3.

Note: Jangan lupa pilih style penulisan kutipannya.

Begitulah cara membuat daftar pusaka menggunakan mendeley di word, apabila kalian masih bingung dengan cara yang mimin berikan, kalian dapat komen di bawah agar mimin bantu sampai bisa jika ada waktu luang.


Terima kasih telah membaca artikel Cara Menggunakan Mendeley di Word Untuk Pemula, semoga artikel yang mimin bagikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan komen di bawah ya.

Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di rezapedia.com!
Isam Blogger, History Major, Cool Guy

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Mendeley di Word Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel