Pengertian Filsafat Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi

Pengertian Filsafat Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi
Pengertian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi

Rezapedia.com - Kita sering kali mengucapkan atau mendengarkan kata "filsafat","filosofi", dan "filsuf" seperti pada "filsafat ilmu" atau "filosofi teras". Namun, pernahkan kita bertanya-tanya mengenai makna dari kata-kata tersebut?

Kata "filsafat" atau "filosofi" berasal dari bahasa Yunani yang memiliki dua akar kata "philo" dan "shopia" yang secara harfiah berarti mencintai kebijaksanaan.

Filsafat merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat akan segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran dan ilmu pengetahuan tentang hakikat menanyakan apa hakikat atau inti sari dari segala sesuatu.

Pengertian Filsafat Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi

ketika kita mempelajari atau mendengar pembahasan tentang filsafat, kita mungkin sering kali mendengar istilah seperti Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Tetapi, tahukah kalian apa arti dari ketiga istilah tersebut? jika tidak, kebetulan banget mimin habis belajar filsafat ilmu dan ingin menulis ulang apa yang mimin ketahui mengenai ketiga istilah itu ke dalam blog ini supaya kalian juga dapat mengerti.

Filsafat Ontologi

Ontologi berasal dari bahasa Yunani yaitu ontos yang berarti hakikat dan logos yang berarti ilmu.

Ontologi membicarakan hakikat segala sesuatu, ini berupa pengetahuan tentang hakikat segala sesuatu, ilmu yang mempelajari prinsip yang paling mendalam.

Menurut Suriasumantri, ontologi ini membahas mengenai apa yang ingin kita ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu, atau dengan kata lain suatu pengkajian terhadap teori tentang "ada".

Aliran dalam filsafat Ontologi diantaranya adalah: Pluralisme, Dualisme, Monisme, Realisme, Nihilisme dan Agnotisisme. 

Filsafat Epistemologi

Epistemologi berasal dari bahasa Yunani yaitu episteme yang berarti pengetahuan dan logos yang berarti ilmu. Epistemologi secara umum diartikan sebagai cabang filsafat yang mempelajari tentang hakikat dan dasar dari pengetahuan.

Aliran-aliran dalam filsafat Epistemologi diantaranya adalah: Pragmatisme, Positivisme, Fenomenologi, Rasionalisme dan Empirisme.

Filsafat Aksiologi

Aksiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu axia yang berarti nilai dan logos yang berarti ilmu. Umumnya, aksiologi dapat diartikan sebagai cabang filsafat yang mempelajari tentang nilai.

Objek material aksiologi adalah perbuatan atau tingkah laku manusia secara sadar dan bebas. Aliran-aliran dalam filsafat Aksiologi diantaranya adalah: Hedonisme, Naturalisme, Vitalisme dan Theologies.


Terima kasih telah membaca artikel Pengertian Filsafat Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi, semoga artikel yang mimin bagikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan komen di bawah ya.

Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di rezapedia.com!
Isam Blogger, History Major, Cool Guy

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Filsafat Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel